RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
SMPN 12 SURABAYA
TAHUN AJARAN 2012/2013
1. Topik : Syarat dan Alat Perlengkapan Belajar serta Fasilitas Sekolah
2. Bidang Bimbingan : Belajar
3. Tugas Perkembangan : Kemandirian dalam belajar
4. Aspek Perkembangan:
1) Mempelajari syarat, perlengkapan, dan
fasilitas belajar di
sekolah
2) Menerima , perlengkapan, dan fasilitas
belajar di sekolah baik kelebihannya maupun kekurangannya
3) Menampilkan sikap tanggungjawab penuh
kesadaran dalam menjaga dan memanfaatkan, perlengkapan, dan fasilitas belajar
di sekolah
5. Jenis Layanan :
Bimbingan klasikal
6. Fungsi Layanan :
Pemahaman
7. Sasaran Layanan :
Siswa Kelas VII
8. Semester/ Waktu :
1 x 40 menit
9. Tujuan :
a. Siswa dapat memahami syarat dan alat
perlengkapan belajar
b. Siswa dapat memahami fasilitas sekolah dan
fungsinya
c. Siswa mampu memanfaatkan alat perlengkapan
belajar dan fasilitas pendidikan secara tepat
10. Karakter Siswa
yang diharapkan :
1. Disiplin belajar
2. Menghargai
3. Bertanggungjawab
4. Mandiri
11. Uraian Kegiatan :
1. Pendahuluan (5 menit)
·
Guru
BK menyampaikan salam dengan ramah untuk menciptakan suasana siap untuk
belajar, melakukan presensi dan memeriksa kebersihan kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan.
·
Guru
BK menyampaikan tujuan, latar belakang, dan memotivasi untuk menumbuhkan
rasa ingin tahu siswa berkaitan
dengan topik yang akan dibahas.
2.
Kegiatan Inti (30 menit)
Apersepsi:
·
Menghubungkan
materi sebelumnya dengan materi/topik yang akan
dibahas kepada siswa
Eksplorasi :
·
Guru
BK menugasi siswa secara mandiri
untuk menyebutkan alat perlengkapan
dalam belajar serta fasilitas yang ada di sekolah
·
Guru
BK membimbing siswa untuk secara cermat,
mandiri, dan bertanggungjawab dalam memanfaatkan
fasilitas belajar serta menjaganya.
·
Siswa
mengetahui syarat dan alat perlengkapan
dalam belajar serta fasilitas yang ada di sekolah
·
Guru
BK menjelaskan dan siswa menyimak penjelasan guru dengan cermat dan rasa ingin
tahu yang besar tentang syarat
dan alat perlengkapan dalam belajar serta fasilitas yang ada di sekolah
·
Guru
BK menugasi siswa untuk secara mandiri
dan bertanggungjawab, untuk
turut menjaga dan memanfaatkan fasilitas sekolah.
Elaborasi :
· Guru
BK menugasi siswa secara jujur, mandiri, dan bertanggungjawab untuk menyebutkan berbagai syarat belajar,
perlengkapan belajar, dan fasilitas sekolah beserta fungsinya.
·
Guru
BK membimbing siswa untuk secara cermat,
mandiri, dan bertanggungjawab menjelaskan kembali manfaat
sarana dan prasarana belajar untuk menunjang kegiatan belajar siswa di sekolah.
Konfirmasi :
·
Guru BK
memberikan kesimpulan dari materi yang telah disampaikan, dan memberikan
pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi
tersebut.
3.
Kegiatan Penutup ( 5 menit )
·
Guru
BK memberikan tugas untuk mengerjakan LKS
·
Guru
BK menyampaikan rencana pertemuan yang akan datang dan tugas dikumpulkan pada
pertemuan berikutnya
Materi :
”Syarat dan Alat
Perlengkapan Belajar serta Fasilitas Sekolah”
Pendahuluan
Syarat
dan alat perlengkapan belajar serta fasilitas sekolah merupakan faktor yang
mempengaruhi siswa dalam belajar, dengan syarat dan alat perlengkapan belajar
serta fasilitas sekolah yang baik dan pemanfaatan yang baik pula maka akan
menunjang kegiatan belajar siswa di sekolah.
”Syarat dan Alat Perlengkapan Belajar”
Dengan adanya
syarat-syarat dan alat-alat perlengkapan belajar yang memadai, maka seorang
siswa bisa belajar dengan baik dan efektif. Syarat-syarat untuk belajar dengan
baik adalah keadaan kesehatan fisik, keadaan kesehatan pada umumnya, keadaan
pancaindra pada khususnya, serta keadaan sekeliling tempat belajar, dan
alat-alat perlengkapan untuk belajar, antara lain buku pelajaran, ruang
belajar, dan sebagainya.
Refleksi
Sebutkan syarat dan alat
perlengkapan belajar serta fasilitas di Sekolah.
”Fasilitas
Sekolah”
Agar siswa dalam mengikuti KBM
dapat berjalan dengan optimal, diperlukan fasilitas pendidikan berupa sarana
dan prasarana yang memadai. Dengan berbagai fasilitas belajar yang
memadai/cukup tersedia akan mempengaruhi/berpengaruh cukup besar bagi
keberhasilan, karena akan dapat meningkatkan motivasi belajar, misalnya:
1. Adanya laboratorium bisa memicu kita untuk
membuktikan teori yang telah kita pelajari dengan memperaktikan teori tersebut
dan melihat hasilnya.
2. Adanya Perpustakaan akan menambah
pengetahuan dan wawasan tentang hal-hal yang mungkin tidak disampaikan di dalam
kelas
“Sebutkan dan jelaskan fungsinya !”
Siswa diminta untuk menyebutkan
fasilitas yang terdapat di sekolah serta fungsi/manfaatnya, siswa menceritakan pengalamannya ketika
menggunakan/memanfaatkan fasilitas tersebut, kemudian siswa menyebutkan pula
kelebihan dan kekurangan dari fasilitas yang ia sebutkan.
12. Metode : Ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas
13. Alat/Perlengkapan/Media :
White board dan spidol
14. Tempat
Penyelengaraan : Di kelas VII E - VII I
15. Penyelenggara
Layanan : Guru BK
16. Sumber : a. Candra, Retno. 2012. Bimbingan
dan Konseling.
Jakarta: CV. Adi Perkasa.
17. Evaluasi : 1. Pemahaman siswa terhadap materi
2. Partisipasi siswa dalam mengikuti KBM
18. Rencana Tindak
Lanjut : Konseling individual
19. Biaya :
Rp 0,-
Surabaya, 25 Oktober 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru BK
0 komentar:
Posting Komentar