ABSTRAK
Edi Setiawan, 2013. Hubungan Layanan
Bimbingan Belajar dengan Persepsi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Surabaya. Skripsi. Program
Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas PGRI
Adi Buana Surabaya. Dosen Pembimbing: Dra. Kusbandiami, S.Psi., M.Pd.
Kata
Kunci: Bimbingan Belajar, Persepsi Belajar
Dalam proses belajar manusia
tidak dapat dilepaskan dari persepsi. Semakin baik
persepsi yang dimiliki oleh siswa tentang
belajar maka akan berpengaruh terhadap perilaku belajarnya yang positif. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi korelasi antara pelayanan
bimbingan belajar dengan persepsi belajar siswa kelas
VIII SMP Negeri
12 Surabaya.
Populasi dalam penelitian ini adalah para siswa kelas VIII
SMP Negeri 12 Surabaya sejumlah 112 orang siswa. Dari
populasi tersebut diambil sampel sebanyak 50 orang
siswa dengan menggunakan teknik proporsional
random sampling melalui cara undian. Data penelitian yaitu data pelaksanaan
pelayanan bimbingan belajar dan data persepsi belajar siswa yang dikumpulkan
dengan menggunakan metode skala pengukuran (SP) yang dikembangkan oleh peneliti
sendiri. SP sebelum digunakan untuk mengumpulkan data penelitian, terlebih
dahulu dilakukan try-out untuk
melakukan uji reliabilitasnya, sedangkan untuk validitasnya menggunakan uji content validity melalui prosedur
pendapat professional. Data penelitian selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan teknik analisis statistika r korelasi product moment. Diperoleh angka koefisiensi korelasi sebesar r =
0,5. Angka koefisien tersebut lebih besar daripada r tabel pada taraf
signifikan 95% (0,297). Jadi r = 0,5 > 0,297 yang berarti signifikan.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan
bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara pelayanan bimbingan
belajar dengan persepsi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Surabaya yang
termasuk ke dalam kategori sedang.
0 komentar:
Posting Komentar