Contoh Absrak



ABSTRAK

Edi Setiawan, 2013. Hubungan Layanan Bimbingan Belajar dengan Persepsi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Surabaya. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Dosen Pembimbing: Dra. Kusbandiami, S.Psi., M.Pd.

Kata Kunci: Bimbingan Belajar, Persepsi Belajar

          Dalam proses belajar manusia tidak dapat dilepaskan dari persepsi. Semakin baik persepsi yang dimiliki oleh siswa tentang  belajar maka akan berpengaruh terhadap perilaku belajarnya yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi korelasi antara pelayanan bimbingan belajar dengan persepsi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Surabaya.         
          Populasi dalam penelitian ini adalah para siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Surabaya sejumlah 112 orang siswa. Dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 50 orang siswa dengan menggunakan teknik proporsional random sampling melalui cara undian. Data penelitian yaitu data pelaksanaan pelayanan bimbingan belajar dan data persepsi belajar siswa yang dikumpulkan dengan menggunakan metode skala pengukuran (SP) yang dikembangkan oleh peneliti sendiri. SP sebelum digunakan untuk mengumpulkan data penelitian, terlebih dahulu dilakukan try-out untuk melakukan uji reliabilitasnya, sedangkan untuk validitasnya menggunakan uji content validity melalui prosedur pendapat professional. Data penelitian selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistika r korelasi product moment. Diperoleh angka koefisiensi korelasi sebesar r = 0,5. Angka koefisien tersebut lebih besar daripada r tabel pada taraf signifikan 95% (0,297). Jadi r = 0,5 > 0,297 yang berarti signifikan.
          Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara pelayanan bimbingan belajar dengan persepsi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Surabaya yang termasuk ke dalam kategori sedang.

0 komentar:

Posting Komentar